Senin, 14 Oktober 2013

Potensi Kepariwisataan Kalimantan Barat - Wisata Agro

Mata Kuliah   : Softskill 5 - Kepariwisataan 2
Nama           : Cipto Prasetio Sutiknoo
NPM             : 18611407
Kelas            : 3SA05

WISATA Kabupaten Kubu Raya menjanjikan. Konsep wisata agowisatanya tersebar di beberapa kawasan. Salah satunya di Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap tepatnya di Sungai Parang berbatasan dengan Desa Kalimas. Daerah ini sebelumnya sudah dicanangkan Gubernur Kalbar Aspar Aswin sejak 2001 sebagai kawasan wisata pertanian dan perkebunan. Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda Olahraga dan
Pariwisata Kubu Raya, Fauzi Kasim mengatakannya, kemarin. ”Kita sangat berkomitmen sekali mengembangkan wisata agro ini. Komitmen kita sangat jelas dalam memajukan wisata daerah,” ungkapnya.



Menurutnya, dipilihnya Kecamatan Sungai Kakap sebagai sentra wisata agro memang sangat cocok. Alasan pertama, beberapa produk buahnya wilayah ini sudah cukup terkenal. Bukan saja di Kalbar, tetapi juga di luar pulau Kalimantan.
Misalnya saja, buah durian dan langsat punggur sudah terkenal dimana-mana. Itu belum lagi beberapa komoditi buah lokal lainnya yang nilai jual cukup tinggi. “Jadi sangat wajar sekali, bilamana kami berkomitmen terus mengembangkan potensi wisata agro ini,” ujarnya.Pengembangan sektor wisata agro ini ternyata disambut. Beberapa, investor luar bahkan sudah bersedia menanamkan investasinya untuk program wisata ini. Tak menutup kemungkinan, konsep yang akan digunakan bisa mengacu kepada wisata Agro Taman sari yang terletak di Bogor, Jawa Barat. “Tinggal kita olah saja lebih lanjut. Jalan kearah sana sudah ada,” kata dia.Pihaknya sudah membuat ancang-ancang untuk mengembangkan potensi wisata ini. Salah satunya bagaimana melaksanakan pengembangan sumber daya manusia terkait pengembangan obyek wisata agro. Tidak ketinggalan promosi secara berkala serta menyusun paket wisata unggulan. (den)





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar