Minggu, 17 November 2013

3 Hal Sederhana untuk Menjaga Kesehatan

nama : Cipto Prasetio Sutikno
NPM  : 18611407
Kelas : 3SA05
Tema : Jurnalistik - Opini

KESEHATAN itu adalah anugerah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kita,  maka kita hendaknya menjaga dan memelihara kesehatan diri kita sendiri sebab jika bukan kita sendiri siapa lagi? Kesehatan itu tak ternilai harganya dan kebanyakan orang baru merasa kalau sehat itu penting saat sudah jatuh sakit.
Badan yang sehat bisa didapatkan dengan 3 hal sederhana yaitu Makan makanan yang bergizi, olahraga secara teratur, dan menjaga lingkungan sekitar kita.
Yang pertama makan makanan yang bergizi, makan makanan yang bergizi dengan maksud makanan yang kita makan sehari-hari harus seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Contohnya makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu kita pun harus lebih selektif dalam memilih makan luar sebab saat ini banyak makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebabkan kesehatan kita terganggu.
Yang kedua olahraga secara teratur, olahraga membawa pengaruh yang cukup besar akan kesehatan bagi tubuh kita. Kebanyakan orang menganggap jika olahraga tidak terlalu penting namun pada saat sudah menginjak usia lanjut mereka baru sadar jika olahraga itu sangatlah penting. Untuk orang yang memiliki rutinitas cukup sibuk usahakan olaraha kecil tiap hari seperti shit-up, push-up,dll. seminggu sekali seperti jogging, senam aerobik dan permainan olahraga seperti futsal, basket, berenang,dll.
Yang ketiga yaitu menjaga lingkungan sekitar, kita sering kali lalai dalam menjaga kesehatan lingkungan sekitar kita karena rutinitas sehari-hari yang sangat padat. Dengan demikian akan menimbulkan berbagai macam penyakit bahkan yang bisa menimbulkan kematian sekalipun seperti Deman Berdarah (DBD).  Contoh hal kecil dalam menjaga lingkungan sekitar yaitu tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan sekitar.
Dalam menjaga kesehatan tubuh perlu kesadaran dari tiap individu dan selagi ada waktu hendaknya kita untuk lebih selektif dalam menjaga dan memelihara kesehatan diri minimal dengan melaksanakan 3 hal diatas. Sebab kesehatan merupakan hal yang paling berharga dan jika sudah sakit pun kita sendiri lah yang akan merasakannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar