Rabu, 17 Oktober 2012

[Tugas 1] Definisi Ilmu Sosial Dasar

[Tugas 1] Definisi Ilmu Sosial Dasar
[Mata Kuliah] Softskill - Ilmu Sosial Dasar

Nama     : Cipto Prasetio Sutikno
NPM      : 18611407
Kelas      : 2SA05

1. Jelaskan Mengenai Definisi dari Ilmu Sosial Dasar
Pengertian ISD
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial yang timbul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. pengetahuan yg menelaah masalah2 sosial, khususnya masalah – masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori – teori yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah)

Definisi ilmu-ilmu sosial menurut beberapa ahli:
LEWIS
sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya

KEITH JACOBS
sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situskomunitas 

RUTH AYLETT
sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namuntetap inheren dan terintegrasi

PAUL ERNEST
sosial lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena merekaterlibat dalam berbagai kegiatan bersama

PHILIP WEXLER 
sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia

ENDA M. C
sosial adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan

LENA DOMINELLI
sosial adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubunganmanusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.

PETER HERMAN
sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namuntetap merupakan sebagai satu kesatuan.

ENGIN FAHRI. I
sosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubunganwalaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu tersebut.
Achmad Sanusi
memberikan batasan tentang Ilmu Sosial (Saidihardjo,1996.h.2) adalahsebagai berikut: ³Ilmu Sosial terdiri disiplin-disiplin ilmu pengetahuan sosial yang bertaraf akademis dan biasanya dipelajari pada tingkat perguruan tinggi, makin lanjut makin ilmiah´. 

GROSS (KOSASIH DJAHIRI,1981.h.1)
Ilmu Sosial merupakan disiplin intelektual yangmempelajari manusia sebagai makluk sosial secara ilmiah, memusatkan pada manusia sebagaianggota masyarakat dan pada kelompok atau masyarakat yang ia bentuk.
Nursid Sumaatmadja
menyatakan bahwa Ilmu Sosial adalah cabang ilmu pengetahuan yangmempelajari tingkah laku manusia baik secara perorangan maupun tingkah laku kelompok.Oleh karena itu Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia danmempelajari manusia sebagai anggota masyarakat.

ISD, merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yg dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejalasosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa padalingkungan sosialnya menjadi lebih besar


Definisi Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial (dalam bahasa Inggris disebut social science) atau ilmu pengetahuan sosial merupakan sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. 


KESIMPULAN
Menurut saya Ilmu sosial dasar adalah ilmu dimana kita bisa mengenali dan mengetahui tentang keadaan sekelompok masyarakat dan keadaan lingkungan masyarakat tersebut, serta kita dapat mengenali masalah apa saja yang biasanya timbul di masyarakat tersebut sehingga kita dapat dengan mudah mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut, Ilmu Sosial menurut saya suatu ilmu yang tidak stabil dan pasti berubah dengan berjalannya waktu dan pergantian masa ke masa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar